Download Kisi - Kisi Soal UN dan USBN Tahun 2018 Lengkap Dari Kemdikbud [PDF]

Baca Juga

Kisi-Kisi UN dan USBN tahun pelajaran 2017/2018 – Kisi-kisi soal merupakan kerangka dasar yang dibuat untuk tindak lanjut dalam penyusunan soal ujian. Kisi-kisi soal disusun dengan tujuan untuk memberi gambaran tentang bentuk soal dan materi yang akan diujikan. Dengan adanya kisi-kisi soal maka diharapkan terciptanya standar kompetensi lulusan (SKL) yang sesuai sasaran.

Download Kisi - Kisi Soal UN dan USBN Tahun 2018 Lengkap Dari Kemdikbud [PDF]


Jika adik-adik ingin tahu prediksi soal UN 2018, baik itu SMP, SMA, dan SMK, maka kalian bisa langsung mempelajarinya melalui kisi-kisinya yang bisa langsung kalian unduh di sini.

Ujian Nasional merupakan kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk jenang SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SMPLB/SMALB pada setip akhir tahun pelajaran. Kegitan evaluasi tersebut dibuat berdasarkan peraturan pemerintah untuk mengukur kemampuan siswa diseluruh Indonesia berdasarkan SKL yang telah ditetapkan.

Pada akhir tahun pelajaran 2017/2018, bagi siswa-siswi di bangku kelas akhir setiap satuan pendidikan akan menghadapi berbagai rangkaian kegiatan ujian. Rangkaian jenis ujian akhir tahun tersebut antara lain:
  • Ujian Sekolah (US) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN); 
  • Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan dengan 2 sistem pilihan yaitu: Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP)
  • Ujian Praktek Sekolah sesuai dengan kebijakan satuan pendidikan
  • Ujian Akhir Ma’arif NU (UAMNU) bagi sekloah dalam naungan Lembaga Ma’arif.

Adapun mata pelajaran yang diujikan dari masing-masing jenis ujian di atas adalah sebagai berikut:
  • Ujian Sekolah (US) → Seluruh mata pelajaran di sekolah kecuali mapel di USBN
  • Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) → SMP/MTs : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, IPS, dan PKn; SMA/MA : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PKn, dan Mapel sesuai program dan peminatan; SMK : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PKn, Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
  • Ujian Nasional (UN) → SMP/MTs : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); SMA/MA : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Mapel Pilihan sesuai program dan peminatan; SMK : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Mapel Pilihan sesuai program dan peminatan
  • Ujian Praktek Sekolah → mencakup mata pelajaran ujian praktek sesuai dengan kebijakan sekolah satuan pendidikan masing-masing
  • Ujian Akhir Ma’arif Nahdlotul Ulama (UAMNU) → Seluruh mata pelajaran di sekolah

Itulah sedikit gambaran tentang mata pelajaran yang akan diujikan pada setiap jenis kegiatan ujian yang akan dilaksanakan di akhir tahun pelajaran 2017/2018 ini bagi siswa-siswi yang sudah duduk di bangku kelas akhir. Untuk informasi lebih lengkap tentang UN dan USBN bisa dilihat pada POS UN dan USBN tahun 2018 yang akan dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nah, terbayang bagaimana beratnya beban yang harus di pikul oleh siswa-siswi untuk mempelajari seluruh mata pelajaran yang akan diujikan. Untuk itulah, di sini saya akan berbagi kisi-kisi soal UN dan USBN yang bisa kalian download lengkap yang dikeluarkan secara resmi oleh kemdikbud. Semoga dengan adanya kisi-kisi soal UN dan USBN tahun 2018 ini bisa membantu para siswa-siswi lebih fokus mempelajari materi yang akan keluar di soal ujian tahun 2018 mendatang.

Kisi-kisi UN dan USBN tahun pelajaran 2017/2018 disusun oleh kemdikbud berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku, baik itu kurikulum 2006 (KTSP) dan kurikulum 2013. Kisi-kisi UN dan USBN memuat level kognitif dan lingkup materi.

Adapun file kisi-kisi UN dan USBN yang termuat di bawah ini adalah berdasarkan surat keputusan BNSP No: 0281/SKEP/BSNP/VIII/2017 tentang kisi-kisi USBN dan SK BNSP NO: 0282/SKEP/BSNPVIII/2017 tertanggal Selasa, 1 Agustus 2017. Jadi bisa dipastikan file kisi-kisi soal yang kalian download adalah file resmi dari kemdikbud. dan saya tampilkan langsung dalam bentuk PDF nya.
  • Kisi - Kisi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2017.2018

Kisi-Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) /Madrasah Tsanawiyah Tahun 2018



Kisi - Kisi Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2017/2018




Kisi-Kisi Ujian Nasional SMK/MAK Tahun Pelajaran 2017/2018




  • Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2017/2018
Download Kisi kisi Soal USBN SMP,SMA,dan SMK dengan meng-klik tulisan berwarna dibawah ini
  1. Kisi-Kisi USBN SMP
  2. Kisi-Kisi USBN SMA
  3. Kisi-Kisi USBN SMK
demikan lah seputar cara mendapatkan dan Download Kisi - Kisi Soal UN dan USBN Tahun 2018 Lengkap Dari Kemdikbud [PDF]

semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Kisi - Kisi Soal UN dan USBN Tahun 2018 Lengkap Dari Kemdikbud [PDF]"

Posting Komentar