Jenis - Jenis Acakan Pada Chanel Indonesia | INFOKU.s

Baca Juga

Pada Artikel ini saya akan membahas tentang jenis -jenis acakan yang ada di Chanel TV Nasional.
saya menyebut dengan acakan agar mudah dimengerti saja.

Diacak yaitu dimana siaran TV anda tiba-tiba gelap, yang biasa terjadi pada acara live sepakbola dan event-event premium lainnya.

sebenarnya sistem acak mengacak siaran tv tidak hanya tejadi di pertelevisian Indonesia. namun di bisa dikatakan hampir diberbagai negara seluruh dunia juga menerapkan sistem yang sama.

tujuan nya sama yaitu untuk membatasi tayangan premium seperti sepak bola agar tidak bisa di tonton dari luar wilayah negara indonesia. seperti kita ketahui pancaran beam satelit parabola itu sampai kenegeri tetangga seperti malaysia, singapura, thailand , dll.

Jenis - Jenis Acakan Pada Chanel Indonesia Beam Satelit Palapa D


jadi untuk membatasi tayangan tersebut maka pihak televisi pun mangacak siarannya khusus via parabola. sementara via UHF tidak diacak.

untuk itu di indonesia yang paling terasa imbasnya yaitu masyarakat pinggiran yang jauh dari kota besar dan tidak terjangkau sinyal UHF.sebab melalui UHF lah siaran bola tidak diacak.

Jenis acakan yang pertama yaitu BISS(Basic Interopable Scrambling System) biasa di sebut bisskey, merupakan jenis acakan level bawah.

jenis acakan ini dahulu sempat populer di kalangan teknisi parabola. karena pertelevisian nasioal masih banyak yang menggunakan sistem acakan bisskey.

seperti MNC TV dan Global TV yang mendapat hak siar dan menayangkan Liga Inggris Eksklusif.
merupakan kabar gembira bagi pecinta bola mendengar bahwa siaran yang diacak bisa di bobol.

dan kabar baiknya pada musim 2016/2017 MNC Grup kembali manayangkan Liga Inggris. dengan sistem acakan yang sama yaitu bisskey.

chanel lain yang juga menggunakan bisskey pada sistem acakannya yaitu TV One pada acara tinju.
chanel-chanel yang sempat menggunakan bisskey yaitu, Trans 7/Trans TV, saat siaran Liga Spanyol.
TVRI saat siaran Liga Itali, SCTV saat siaran Liga Champions, I News TV , ANTV dan Kompas TV.
bisskey ini sendiri sebenarnya dahulu sulit untuk mencari nya. hingga muncul para master bruter indonesia yang menemukan software pencari bisskey. mengenai software pembobol acakan ini akan di kupas lebih dalam di artikel lain.

Nama Chanel Satelit Acakan
RCTI Palapa Xcrypt
Global TV Palapa BISS
MNCTV TV Palapa BISS
Indosiar Palapa Xcrypt
I News TV Palapa BISS
ANTV TELKOM BISS
O Chanel Palapa BISS
SCTV Palapa Xcrypt
TV ONE Palapa BISS

perlu anda ketahui jenis acakan biss key lah satu-satunya yang paling mudah dibobol di chanel nasional.

JENIS ACAKAN TV YANG BISA DI BUKA


  • BISS
Biss atau Basic Interoperable Scrambling System merupakan jenis acakan yang umum dipakai. Jenis acakan biss ini dikembangkan oleh European Broadcasting Union. Terdapat 2 jenis Biss yaitu Biss-1 dan Biss E. Untuk receiver FTA menggunakan jenis acakan Biss-1, untuk Biss E biasanya digunakan untuk receiver khusus seperti IPM, ataupun receiver RCTI.
Conditional access ID atau CA ID untuk jenis acakan biss adalah 0x2600. Untuk diranah receiver tipe FTA yang support biss, biasanya menggunakan 12 digit atau 16 digit key hexa. Untuk bisa membuka siaran dengan acakan biss kita harus punya key nya yang biasa disebut Biss Key, jadi jangan sampai salah menyebut semua kode key acakan sebagai biss key. Biss Key ya untuk membuka jenis acakan biss bukan yang lain. Untuk mencari biss key metode yang digunakan hanya dari brute file ts, entah langsung brute atau memakai crypt 8.


  • POWERVU
Setelah biss key, diakhir tahun 2014 pembicaraan sudah dimulai untuk membuka powervu. Powervu dikembangkan oleh Scientific Atlanta dan kebanyakan dipakai oleh distributor konten. Di Indonesia powerVu terbuka kira kira Mei 2015, dan baru yang punya DVBcard yang bisa merasakan, dan pertama kali adalah channel di Asiasat 7.
CAID powerVu adalah 0x0E00. PowerVu sendiri di Indonesia mengenal 2 SBox yaitu primary table dan secondary table atau Asia provider, dimana keduanya hanya orang tertentu saja yang bisa bedakan. Untuk key PowerVU ada 2 macam juga, yaitu EMM Key dan ECM key, namun hanya ada beberapa orang saja yang mengerti beda dan kegunaannya. Terlihat sampai sekarang masih saja ada yang debat mengenai autoroll powervu.
Untuk bisa membuka jenis acakan PowerVu, di receiver sudah harus tertanam EMU atau module powervunya, ditambah dengan adanya ECM Key yang valid. Untuk proses autoroll memerlukan adanya EMM stream dan EMM key valid dengan UA yang tepat. Untuk memperoleh EMM key dan ECM key bisa brute dengan PowerVu Home Edition, kalau EMM stream tidak terkirim maka yang di brute adalah ECM stream raw nya.


  • TANDBERG
Jenis acakan tandberg dibicarakan pertengahan Juni 2016. Jenis acakan tandberg atau director dikembangkan oleh Tandberg Television. Dan tidak beberapa lama di Indonesia pun bisa dinikmati melalui DVBcard dengan menambahkan module di vPlug, baru kemudian module di STB.
CAID tandberg adalah 0x1010. Untuk key tandberg terdiri dari 16 digit dan biasanya terakhir 00. Key tandberg ini sama dengan key powervu yaitu ECM Key tandberg, namun memang tidak ada EMM key seperti yang berlaku di PowerVu karena hanya modal decrypt EMM stream saja sudah bisa mendapatkan key nya. Dan fitur ini sudah disematkan di module STB, sehingga ada receiver autoroll tandberg.

Untuk bisa membuka channel acak tandberg, kita harus memiliki ECM key tandberg. Untuk mendapatkan ECM key tandberg, menggunakan POC dengan merecord EMM raw stream dan harus ada tabel 83h nya. Kalau tidak dapat EMM raw dengan table 83h maka tidak akan didapatkan ECM key nya. Sampai saat ini belum ada metode brute yang digunakan untuk mencari ECM key tandberg.

perlu anda ketahui jenis acakan biss key lah satu-satunya yang paling mudah dibobol di chanel nasional.

apa saja acakan selain bisskey ?

yaitu ada yang nama nya RAS,dulu sering dipakai RCTI pada tayangan Liga Champions,
ada juga Xcrypt yang dipakai SCTV dan INDOSIAR saat tayangan Liga Inggris.
dan ini dia jenis2 acakan yang lain yang sebagian di pakai oleh Pay TV seperti IndoVision ,Topas dan lain lain :
  • Conax
  • Cryptoworks
  • Nagravision
  • Irdeto
  • VideoGuard
  • KeyFly
  • Viacces
  • Digichiper
  • Cisco Videoscape
  • Seca Mediaguard
  • dan lainnya
dari berbagai sistem acakan diatas ada yang bisa dibobol selain Bisskey yaitu PowerVu, dan Tanberg,

Powervu dan tanberg merupakan jenis acakan yang lagi hangat-hangatnya dibahas. karena siaran luar negeri banyak yang memakai acakan ini untuk mengacak siarannya yang berkualitas seperti Live Sepak Bola Liga Spanyol, Liga Inggris, Liga Itali, Liga Champions, dan konten-konten berkualitas lainnya. seperti movies dan hiburan anak-anak.

untuk bisa membuka acakan diatas tentu kita memerlukan Reciever yang support atau bisa membuka acakan. silahkan cek disini tentang Reciever murah meriah

Jenis -jenis Cacakan Pada TV Lokal

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis - Jenis Acakan Pada Chanel Indonesia | INFOKU.s"

Posting Komentar